Analisa PT. HERO SuperMarket Tbk.

Deskripsi PT. HERO SuperMarket Tbk.

 

PT Hero Supermarket Tbk adalah perusahaan retail yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Hero supermarket grup adalah perusahaan retail modern pertama di Indonesia, di dirikan tahun 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia di Jl.Falateha. saat ini hero membidik dasar menengah keatas. Saat ini, hero supermarket grup merupakan suatu grup retail yang memiliki berbagai format sebagai berikut :

1.      Hero (Supermarket)
2.      Giant (Hypermarket dan Supermarket)
3.      Guardian(Drug Store)
4.      Starmart (convniece)
            Pada tanggal 30 juni 1989 PT Hero supermarket go public meramaikan pasar modal dan merupakan retail pasar swalayan pertama di Indonesia yang memperoleh kepercayaan untuk menjual sahamnya kepada masyarakat las. Penjualan saham pertama 1. 795000 lembar saham dengan nominal Rp. 1000 dan ditawarkan dengan harga perdana Rp. 7.200 per lembar saham dan dari hasil penjualan tahun 1989 mencapai 159,9 miliar rupiah. Tahun 1992 PT Hero supermarket Tbk. Menawarkan 29.412.500 lembar saham di bursa efek jakarta dengan harga penawaran Rp. 1.500 perlembar saham. Tahun 1991 PT Hero supermarket membuka toko swalayan kecil dengan konsep convenience store dan diberi nama Starmart, yang melayani kebutuhan rumah tangga secara cepat, degan lokasi yang strategis seperti hotel, apartement, komplek ruko, dll. Selain itu Hero grup juga mendirikan semacam toko perkulakan pertama di Indonesia dengan nama Mega Super Grosir, target pasrnya adalah toko eceran kecil, koperasi, perhotelan, perkantoran, instasi pemerintah.
            Bulan februari 1998 PT Hero supermarket mengadakan aliansi strategi dengan dairy farm hongkong, anggota  Jardin Matheson. Dairy farm memiliki penyertaan saham langsung pada perseroan sebesar 7,6% dan melalui obligasi tukar yang dapat ditukarkan dengan saham perseroan sebesar 24,55%. Jalinan kerjasama ini juga diwujudkan dengan bergabungnya eksekutif airy farm dalam jajaran direksi dan komisaris PT Hero Supermarket Tbk. Pada tahun 1998 inilah rekstrukturisasi perusahaan dan kepemilikannya diperjelas dan beberapa usaha yang tergabung dalam Hero Grup di persatukan dalam PT Hero Supermarket Tbk yang meliputi PT Hero Supermarket (Hero Suprmarket), PT Wira Maju Karisma Jaya (Mitra Toko Discount), PT Catur Abadi Jaya Sakti (Shop in), Starmart dan Guardian(ex dairy farm) dan yang lainnya dijual.
                        Pada tanggal 26 Juli 2002, Giant Hypermarket yang pertama dibuka yang berlokasi Villa Melati Mas, Serpong-Tangerang. Giant Hypermarket dengan motonya “Banyak Pilihan Harga Lebih Murah” dengan menyediakan jumlah barang yang besar 35.000 sampai 50.000 item yang mana 90%nya berasal dari produk local dan etnik. Giat ingin dikenal sebagai brand yang murah terjangkau dan dapat dipercaya.
Visi dari PT. Hero Supermarket Tbk.. adalah “menjadi pengecer terkemuka di Indonesia dari segi penjualan dan penciptaan nilai jangka panjang bagi pemangku kepentingan”.
           Misi dari PT Hero Supermarket Tbk. adalah :
1.         Kami memiliki 5 MERK TOKO (Hero Supermarket, Guardian, Starmart, Giant Hyprmarket, dan Giant Supermarket) yang dapat memuaskan semua segmen pelanggan dan kami akan mengembangkannya secara menguntungkan di seluruh Indonesia, dengan memperkuat penawaran masing-masing merk toko.
2.         Kami meningkatkan dan memotivasi talenta lokal terbaik dalam perseroan.
3.         Kami berusaha keras menjadi yang terbaik bagi pelanggan lebih sederhana bagi karyawan dan lebih murah bagi Perseroan
4.         Kami sebagai PELOPOR retail di Indonesia akan melanjutkan berkerjasama untuk tumbuh seiring dengan perkembangan Negara kami, memajukan perseroan kami dan meningkatkan kesejahteraan bagi pemangku kepentingan.

Teknologi dan Sistem Informasi PT. HERO SuperMarket Tbk.  

Produk yang diperjual belikan di PT. Hero Supermarket Tbk. merupakan barang kebutuhan pokok yang harus di control dalam persediaan barangnya. Jangan sampai ada pelanggan yang mengeluh barang yang dicari tidak ada. Ataupun barang yang ada sudah using karena terlalu lama (kadaluwarsa). Adanya teknologi informasi maka dapat memudahkan dalam pengelolaan terhadap produk yang ada di setiap gerai. Dalam sistem persediaan, dibutuhkan teknologi informasi untuk menyusun data base dari berbagai jenis produk yang akan diperjualbelikan, kode barang, nama supplier, harga produk, dan lain sebagainya. Adanya data base miliki banyak manfaat karena saat ini selain digunakan untuk transaksi di kassa, juga digunakan dalam penyediaan informasi bagi konsumen mengenai harga produk dengan menggunakan sensor barcode dan computer yang biasa diletakkan disudut toko.

Seluruh computer yang ada merupakan workstation yang siap dioperasikan oleh end user (kasir) dalam melayani konsumen. Ada computer yang dapat langsung digunakan oleh konsumen, ada yang digunakan untuk transaksi di kasir, ada yang digunakan oleh konsumen, ada yang digunakan di gudang untuk menentukan waktu pemesanan kembali ke pemasok dan pengembalian produk, dan ada pula computer untuk mengetahui tingkat penjualan produk. Seluruhnya akan tergabung dengan server yang nantinya bermanfaat bagi penyimpanan data baik penjualan maupun persediaan.

PT. Hero Supermarket Tbk. memiliki 20 server dikantor pusat, dan 1 unit di masing-masing cabang/toko Hero/Giant Supermarket. Untuk mengelola data base PT Hero Supermarket Tbk menggunakan software data base management system (DBMS) yang mengunakan software DB2, Oracle, Sybase, dan kini Microsoft SQL server. PT Hero Supermarket Tbk. memiliki 2 server database, dan system yang dimiliki bersifat tersentralisasi. User interface pada data warehouse cabang/toko menggunakan program visual foxpro dan clipper. Seluruh data di jaga keakuratan dan kerahasiannya dengan memberlakukan sistem proteksi memakai user id dan password. Berdasarkan aplikasi data warehouse yang digunakan, maka manajemen dapat melihat laporan-laporan seperti, keuangan, penjualan, inventory, dan lainnya sesuai dimensi waktu yang diinginkan baik harian, mingguan, bulanan, tahunan, bahkan data up to date saat ini.

Ruangan IT yang digunakan PT Hero Supermarket Tbk. Sudah sesuai dengan standard minimal, dimana ada ruang khusus untuk server (gedung hero pusat, lt 6) dengan suhu udara yang dapat diatur, dilengkapi dengan raised floor, smoke detector, dan fire alarm. Untuk back up dilakukan secara harian dengan internal juga dibackup ke eksternal server. Dalam menjaga keamanan dari faktor eksternal, akses mamasuki ruangan IT hanya dapat dilakukan karyawan tertentu dan ruanagn dilengkapi oleh door lock card security .

Komponen Sistem Informasi PT. Hero Supermarket Tbk.

        Berikut ini adalah identifikasi bagian-bagian  yang termasuk dalam sumber daya manusia,  hardware,  software, data, serta sumber daya  network  dan produk informasi dalam perancangan TI dan SI PT. Hero Supermarket Tbk.

1                           Sumber daya manusia
      a)    Spesialis, terdiri dari: Operator
      b)   Pengguna terdiri dari: Karyawan, Pelanggan, danManajer
2.                       Sumber daya Hardware dan jaringan
       a)    Mesin, terdiri dari
·      Terminal POS
·      Workstation Manajer Kantor Cabang
·      Mobile Computing Barcode
·      Barcode Scanner PSC Magellan 2200
·      Notebook
·      Modem Robotik 56K
·      BHP Handld Terminal
·      Printer Epson TM 300
·      Printer LX / 800
·      Credir Card Reader
·      Timbangan digital
·      CPU Zyerx
·      Parabola
·      Magnetic Disk Drives
·      Network Server
        b)   Media, terdiri dari:
·      Magnetic stripe
·      ATM card
·      Bar Tags
·      Media komunikasi elektronik
·      Kertas laporan
·      Customer service elektronik
·      Magnetic disc drive
·      Dokumen laporan pengendalian
·      LAN
·      Kertas struk

3.      Sumber daya software
a) program, terdiri dari:
·      DBMS Windows
·      Program pemasukan data
·      Pemrosesan penjualan
·      NOS
·      OLAP (Online Analytical Processing)
·      DBMS Microsoft SQL Server
·      Analisis penjualan
·      Oracle
·      Sybase
·      Program pelaporan
·      Program grafik
·      Program monitoring performa
·      Program monitoring keamanan
b) prosedur, terdiri dari:
·      Pemasukan data
·      Transaksi penjualan
·      Penggunaan dan distribusi output
·      Prosedur back up
·      Prosedur pengendalian
·      Prosedur koreksi

4.      Sumber daya data
     a)    Data pelanggan
     b)   Data produk
     c)    Data gross profit
     d)   Data transaksi
     e)    Data inventori
     f)    Data stok on hand
     g)   Data penjualan

5.      Produk informasi
    a)    Data entry display
    b)   Status display
    c)    Pelaporan analisa
    d)   Informasi penjualan dilayar
    e)    Struk
    f)    Laporan  

Management Support System 

 


1.      Management Information System (MIS)

            MIS yang digunakan pada PT. Hero Supermarket Tbk. Adalah Hero Supermarket Field Management System yang menyediakan aplikasi yang dapat membantu manager gerai cabang dalam business forecasting, inventory management, and human resources management. Aplikasi ini akan berupa suatu bentuk pelaporan yang selanjutnya digunakan oleh perusahaan dalam penentuan atau pengambilan keputusan pada sistem penunjang keputusan.

2.      Decision Support System (DSS)

            Bagi PT. Hero Supermarket Tbk. Penggunaan DSS terlihat ketika setiap manager-manager gerai cabang dapat memonitor performance system secara langsung dan interaktif, juga dilengkapi dengan management tool analysis dalam menganalisa business forecasting dan manajemen persediaan.

3.      Executive Information System (EIS)
 Dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi strategis bagi high level management.PT. Hero Supermarket Tbk. Memiliki divisi IT. Misi dari divisi IT adalah menjadikan IT sebagai benchmark bagi divisi lainnya dan memenuhi standard IT kelas dunia dibidang retail. Divisi ini dipimpin oleh seorang general manajer yang bertanggung jawab kepada chief operation officer (COO) dan secara organisasi bertanggung jawab kepada IT Director Asia. General Manager ini membawahi 2 orang IT manager yaitu, IT Manager Development & Research, serta IT Operatinal Manager. 

4.   Transaction Processing System
 Dalam Transaction Processing System ini PT Hero Supermarket Tbk. Menggunakan Kasir, Kurir untuk Pekerjanya

Komentar

Postingan Populer